Selasa, 15 Januari 2013

Cara Gambar Sketsa Wajah Manusia

Cara Gambar Sketsa Wajah Manusia - Bagi sobat bloggebu khususnya pemula mungkin merasa melakukan Cara Gambar Sketsa Wajah Manusia hingga detail terasa sulit apalagi kalau menggambar wajah seseorang itu hingga persis, emh tapi kalo udah bisa bisa jadi kepuasan tersendiri, nah bloggebu pernah share artikel sebelumnya tentang Tutorial Menggambar Karakter Orang Dengan Pensil, sekarang bloggebu mau nambahin dari artikel sebelumnya

Untuk tingkat kesulitan memang Cara Gambar Sketsa Wajah Manusia itu pasti susah karena sedikit saja kesalahan akan membuat wajah yang kita gambar tidak persis dengan wajah sebenarnya, terlebih lagi kalo sudah tingkat mahir, untuk menggambar sketsa wajah tinggal menggunakan imajinasi yang bisa dibayangkan untuk melakukan teknik menggambar sketsa.

Cara Gambar Sketsa Wajah Manusia :

1. Siapkan alat dan bahan untuk cara menggambar sketsa

Alatnya antara lain untuk cara gambar sketsa bisa berupa pensil, spidol, crayon (tapi dalam tips yang aku bagikan ini menggunakan pensil) sementara alat yang lain adalah rautan pensil (jika masih pemula sebaiknya menggunakan pensil dibawah 3b, tapi jangan hb), dan penghapus, ataupun penggaris. Bahannya sudah jelas kertas dan objek yang akan digambar. Jangan lupa sebelumnya pilih dulu wajah seperti apa yang ingin sobat gambar, kalau yang ingin sobat bloggebu gambar berasal dari imajinasimu, paling tidak sobat sudah tahu bagaimana model wajah dalam imajinasimu itu dari raut wajah maupun ekspresinya. Kalau wajah yang ingin sobat gambar berasal dari foto atau komik maupun orang sesungguhnya, perhatikan detail-detail wajah orang itu baik dari bentuk kepala, alis mata, kerutan mata, batang hidung, bentuk mulut, dan bagian-bagian lainnya, karena semua bagian wajah itu saling berhubungan dalam membentuk ekspresi wajah. Kalau satu bagian saja digambar keliru maka ekspresi wajah yang sobat gambar sudah tampak berbeda.



2.  Mulai menggambar kontur wajah dahulu (menggambar wajah menghadap ke arah depan atau samping)

3. Sobat bloggebu bisa langsung menggambar bagian wajah itu atau menggambar rambutnya terlebih dahulu.

- Untuk pemula saat menggambar rambut lebih baik sesuaikan dengan jenis kelamin orang yang sobat gambar. Kalau yang sobat gambar adalah laki-laki, maka rambutnya pendek, sementara perempuan maka rambutnya panjang, karena menggambar rambut panjang untuk jenis kelamin laki-laki dan rambut pendek untuk jenis kelamin perempuan sangatlah rumit (bisa-bisa yang cowo jadi banci, yang cewe jadi tomboy ;D)



- Saat menggambar bagian wajah sebaiknya apabila masih pemula menggunakan sketsa wajah terlebih dahulu (tapi ini tidak diharuskan, jujur aja sekarang saya gak suka pakai sketsa, soalnya kalau dihapus, gambarnya malah jadi kotor :D). Kalau sudah terbiasa tanpa menggunakan sketsa, sobat bloggebu sudah bisa menggambar bagian wajah karena telah hafal posisi bagian-bagiannya.

4. Mulailah mengarsir rambut dan wajah. Ingat saat mengarsir wajah, perhatikan di bagian mana wajah yang sobat gambar mendapatkan sinar. Kalau bagian kanan, maka bagian wajah sebelah kiri diarsir lebih tebal untuk memberikan efek bayang-bayang. Arsirlah dengan rata.

5. Cek lagi sketsa cara menggambar manusia bagian wajah dari tempat yang agak jauh. (kalau sobat bloggebu menggambar dalam keadaan duduk, coba lihat gambar wajahmu saat kamu berdiri dari tempat dudukmu). Pasti akan terlihat perbedaan saat kamu melihat gambar wajahmu dari dekat dan dari jauh. Jika saat kamu melihat gambarmu masih tidak memuaskan, kamu bisa memperbaikinya. Kalau misalkan menurutmu arsiran gambar wajahmu tidak rata, kamu bisa menggunakan kapas untuk merataka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar